Kamu Berkacamata? Tahukah Kamu Bagian-Bagian Kacamata Berikut ini?


Kacamata merupakan benda yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Benda ini dapat digunakan sebagai pelindung mata dari sinar ultraviolet, untuk jenis sunglasses. Selain itu ada pula kacamata yang didesain untuk membantu meringankan gangguan penglihatan seperti rabun jauh dan rabun dekat. Oleh karena itu, bagian-bagian kacamata didesain sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan dan kepentingan kenyamanan penggunanya.

Bicara soal kacamata, ternyata kacamata sudah digunakan sejak lama. Pada zaman Romawi Kuno, Kaisar Nero menggunakan permata yang dibentuk cekung untuk membantunya melihat pertunjukan gladiator yang cukup jauh dari tempatnya duduk. Sementara itu, orang-orang Tionghoa telah menggunakan kacamata yang bentuknya sangat mirip dengan versi modern. Orang-orang Tionghoa menggunakan batu Kristal dan bingkai yang dibuat dari tempurung kura-kura.

Namun, apakah kamu sudah mengenal bagian-bagian dari benda yang sudah tidak asing ini? Dilihat dari strukturnya, kacamata memiliki beberapa bagian yang hampir selalu ada pada setiap versinya. Kira-kira apa saja ya, bagian-bagian kacamata tersebut? Yuk, simak 6 bagian kacamata berikut ini!

Front Frame
Front frame adalah bagian kacamata yang tampak sangat jelas dari depan. Biasanya bagian ini menempel pada lensa kacamata. Hal tersebut karena bagian front frame berfungsi sebagai penahan lensa kacamata supaya tidak goyang.

Rim
Bagian Rim pada kacamata biasanya terletak di bagian bawah lensa. Bagian ini menyatu dengan front frame. Fungsi bagian rim ini juga tidak jauh berbeda dari fungsi front frame, yaitu menahan lensa di bagian bawah sehingga lensa tidak terjatuh.

Bridge
Kacamata mempunyai dua lensa yang akan melindungi kedua mata kita dari sinar matahari atau membantu kedua mata kita untuk melihat lebih jelas. Bagian bridge pada kacamata terdapat di antara dua lensa tersebut. Fungsi bagian bridge ini adalah sebagai penghubung antara bagian rim kiri dan rim kanan.

Nosepad
Kamu pasti sering melihat bagian kecil yang akan menempel di hidungmu saat kamu mengenakan kacamata. Lucunya, banyak orang yang belum  mengetahui nama bagian kacamata yang satu ini. Ya, bagian kecil tersebut bernama nosepad. Biasanya, bagian nosepad pada kacamata terbuat dari bahan plastik. Fungsi nosepad pada kacamata adalah untuk menahan frame sehingga nyaman terletak di hidung orang yang memakainya.

Temple atau Bagian Kaki
Kacamata umum digunakan dengan cara dikaitkan pada telinga. Untuk mengaitkan frame, kacamata memiliki bagian panjang di kedua sisi frame. Bagian tersebut biasa disebut temple atau bagian kaki. Bagian temple atau bagian kaki ini berguna untuk mengaitkan kacamata ke telinga penggunanya.

Bend
Jika sebelumnya kamu sudah mendapatkan informasi mengenai bagian temple atau bagian kaki, kali ini akan dijelaskan bagian yang tersambung dengan bagian tersebut. Untuk dapat mengait dengan sempurna dan nyaman, bagian temple membutuhkan bagian yang melengkung pada setiap ujungnya. Bagian tersebutlah yang disebut dengan bend pada kacamata.

Itulah dia 6 bagian kacamata yang mungkin belum kamu ketahui namanya. Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja nama bagian-bagian kacamata? Dengan informasi di atas, kamu bisa dengan mudah mencari pengganti bagian kacamatamu yang rusak. Tidak perlu bingung mencari nama bagian kacamatamu yang rusak karena kamu tidak tahu namanya. Informasi di atas juga dapat kamu gunakan untuk membeli berbagai bagian kacamata yang berkualitas di Bukalapak. Jadi, jika kamu punya kacamata yang harus diganti beberapa bagiannya, buka aja Bukalapak.

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/518125132107929614/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Kelambu Gantung di Kamar

6 Job Sampingan Seru yang Patut Kamu Coba

Top 5 Kamera Mirrorless Terbaik 2018